Saturday, September 24, 2011

Apa itu GPS?

Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.

GPS Garmin Nuvi 760
Kita tidak bisa memakai GPS di tempat tertutup ataupun terhalang gedung-gedung tinggi karena alat GPS perlu melihat langsung satelit untuk menerima informasi. Kelemahan alat GPS yaitu kesalahan untuk menghitung ketinggian cukup besar dan kurang cocok untuk membantu sebagai informasi navigasi di daerah pegunungan.

Aplikasi GPS sangat beragam dan tidak terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan penentuan posisi saja. Dibandingkan dengan peralatan navigasi lain, penerima GPS paling mudah untuk digunakan. GPS juga digunakan untuk radar,membimbing pesawat tanpa awak dan rudal-rudal jarak jauh, mempelajari kebiasaan migrasi satwa laut, memantau perjalanan truk-truk kontainer dan kereta api. GPS juga digunakan membuat peta dan membantu bermain golf, mendapatkan posisi satelit lainnya.

Perangkat-perangkat GPS modern saat ini sudah banyak beredar dengan berbagai merk diantaranya yaitu garmin dan papago. Perangkat-perangkat GPS tersebut dijual dengan secara komersil dengan variasi harga yang terjangkau, tergantung fitur yang ditawarkannya. GPS device tersebut ada yang menggunakan daya yang berasal dari baterai dan ada yang menggunakan daya isi ulang (menggunakan charger).

No comments:

Post a Comment