Sunday, September 25, 2011

Apa saja fitur-fitur baru yang terdapat dalam BBM 6?

Blackberry Messenger 6
Dunia persaingan smartphone global semakin memanas dengan munculnya sistem operasi Android yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 2009. Hal ini memicu perusahaan-perusahaan lain yang tidak ikut mengadopsi sistem operasi berlogo robot hijau besutan google tersebut untuk berbenah diri dan lebih gencar melakukan perkembangan agar tidak kalah saing. Salah satunya adalah RIM (Research In Motion), Perusahaan asal Kanada yang merupakan produsen smartphone blackberry itu kini telah melakukan berbagai upaya dalam melakukan perkembangan terhadap produk yang mereka keluarkan. Diantaranya adalah adanya update terbaru OS (Operating System) 7 Blackberry dan BBM (Blackberry Messenger) 6.

Artikel ini akan mebahas secara sekilas fitur-fitur baru apa saja yang ada pada update-an BBM 6 ini. Nah, berikut adalah penjelasan mengenai fitur-fitur baru yang terdapat dalam update-an BBM 6 ini yang saya kutip melalui Kompas Tekno.  Fitur-fitur yang ditawarkan oleh BBM 6 tidak hanya ekslusif untuk membangun interaksi sosial sesama pengguna pada beragam aplikasi tapi lebih dari itu. Misalnya, dengan fitur-fitur yang tersedia, pengguna aplikasi game yang telah mendukung BBM 6 bisa mengundang teman-teman yang lain untuk bermain game bersama di BBM 6. Dan kerennya, mereka bisa tetap chatting tanpa harus keluar terlebih dahulu dari game tersebut.

Beberapa fitur BBM 6 yang bisa diintegrasikan ke aplikasi diantaranya :
  • Berbagi pengalaman. Saat seorang pengguna BB menemukan aplikasi baru dan menarik, dia bisa langsung berbagi dengan teman lainnya melalui aplikasi tersebut.
  • Chatroom BBM 6 didalam aplikasi. Pengguna BB bisa menarik semua kontak yang berada didalam BBM 6 kedalam aplikasi tersebut. Dengan demikian mereka bisa langsung chat didalam aplikasi.
  • Mendapat informasi aplikasi yang dimiliki teman. Pengguna BB bisa menemukan aplikasi yang dipakai pengguna lain (teman) dalam daftar. Dan teman bisa mengunduh aplikasi tersebut. Dengan begini kolaborasi teman jadi lebih mudah.

Sudah ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah mendukung dan terintegrasi dengan BBM 6. Diantarnya adalah Foursquare, Telemap, Huffington Post, PowPow, dan Wikitude. Aplikasi lokal dari Indonesia pun sudah banyak yang mendukung integrasi dengan BBM 6. Yaitu diataranya Koprol, Bouncity, Menoo, MiMoMachi dan Gamemachi.










No comments:

Post a Comment